banner 728x250
HANKAM  

Dandim 0415/Jambi Selenggarakan Program Penanaman Pohon Serentak

banner 120x600
banner 468x60

Jambi (Sumateradaily.com) – Dalam rangka menjaga dan mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta mengurangi dampak pencemaran lingkungan, Kodam ll/Sriwijaya menggelar program penanaman pohon secara serentak yang dilaksanakan di Taman Hutan Kota Muhammad Sabki RT. 28 Kel. Kenali Asam Kec. Kotabaru kota Jambi, Senin (15/01/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kasrem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi bersama forkopimda kota Jambi, Kadis Lingkungan Hidup, Camat Kotabaru, Kepala UPTD Taman Hutan Kota, Ketua FKPPI, Lurah Kenali Asam, para Ketua RT Kel. Kenali Asam, Pramuka dan masyarakat penggiat peduli lingkungan.

banner 325x300

Disadari ataupun tidak, pelestarian lingkungan hidup perkotaan lahan hijau semakin sulit ditemukan, apalagi kota-kota besar. Hampir sebagian besar lahan telah beralih fungsi menjadi bangunan, pemukiman dan perumahan penduduk.

READ  Kodam II/Swj Bangun Jembatan Bailey di Prabumulih

Keberadaan Taman Hutan Kota M. Sabki dengan luas ± 11 Ha menjadi salah satu kawasan destinasi wisata alam, kuliner sekaligus sebagai lokasi pelestarian keanekaragaman hayati.

Ratusan batang pohon dengan berbagai jenis berhasil ditanam pada program kegiatan penanaman pohon secara serentak kali ini. Menurut Dandim, kegiatan yang dilakukan tersebut dapat dijadikan sebagai upaya untuk memberikan edukasi, kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat akan arti pentingnya penanaman pohon bagi pemulihan kerusakan sumber daya alam, keseimbangan ekosistem serta pelestarian lingkungan.

“Penghijauan diperkotaan sangatlah penting untuk dilakukan. Pemanasan global tidak lagi menjadi isu belaka, melainkan telah menjadi fakta yang nyata. Dibuktikan dengan pergantian musim yang sulit untuk diprediksi. Bukan hanya pencemaran, diperkotaan kerap juga terjadi banjir. Gerakan nyata untuk mencegah semakin memburuknya lingkungan adalah dengan melakukan penghijauan,” pungkas Dandim.

READ  Tumbuhkan Cinta Tanah Air, Dandim 0417/Kerinci Berikan Wawasan Kebangsaan

Sumber : Penrem Gapu

banner 325x300