banner 728x250

Elnusa Berikan Edukasi Pemahaman Tantangan Dunia Kerja di Workshop SMK Negeri 5 Pekanbaru

banner 120x600
banner 468x60

Pekanbaru (Sumateradaily.com)- PT Elnusa Tbk (Elnusa) melalui Anak Usahanya, PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK) hadir sebagai narasumber pada agenda “Workshop Komite Sekolah dalam Pengembangan Kerjasama dengan Dunia Kerja”.

Agenda workshop diselenggarakan dalam rangka mendukung pengembangan kesempatan kerja sama antara program SMK dengan dunia kerja di Pekanbaru yang merupakan salah satu tujuan pelaksanaan dari Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2023. Agenda ini merupakan salah satu program CSR Elnusa yang berfokus pada pendidikan yakni “CSR Goes to Community“.

banner 325x300

Hal ini sejalan dengan program yang dijalankan EFK yaitu ”EFK Goes to School“ dengan komitmen memberikan edukasi kepada sekolah yang akan dikunjungi sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) No. 4 yaitu Pendidikan Bermutu.

Workshop berlangsung secara luring,  Selasa (21/11)  memberikan pemahaman akan informasi pasca studi bagi komite dan siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru.yang menghadirkan jajaran komite sekolah dan 15 perwakilan siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru.

Turut hadir Drs. Dwi Bowo Sukmono, selaku kepala sekolah SMK Negeri 5 Pekanbaru yang memberikan sambutan pada agenda workshop.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan kondisi aktual lapangan pekerjaan pasca studi yang disampaikan Ir. H. Delisis Hasanto selaku Wakil Ketua KADIN Provinsi Riau Bidang pengembangan SDM dan Vokasi.

READ  Peduli Korban Banjir, PEP Ramba Fied Perbaiki Jalan Rusak Hingga Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Delisis menyampaikan bahwa perlu adanya pengembangan kompetensi siswa dengan mengasah soft skills dan tidak hanya terpaku pada hard skills.

Bertindak sebagai narasumber, Talent Acquisition EFK, Dilla Selvya Rezti, memberikan pemaparan singkat tentang tantangan dunia kerja, antara lain kompetensi yang harus dimiliki calon pelamar pekerjaan, penjelasan umum proses rekrutmen, tata cara pembuatan curriculum vitae, dan tips & trik proses wawancara.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diberikan kepada siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru dan disusul oleh pertanyaan yang diberikan oleh jajaran komite sekolah. Antusiasme hadirin di agenda workshop terlihat atas pertanyaan yang dilontarkan secara bergantian dan menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi terkait proses rekrutmen di EFK maupun secara umum.

Communications & Relations EFK, Aswin Archy Saputra menuturkan EFK Goes to School merupakan salah satu agenda yang termasuk dalam program tanggung jawab sosial keberlanjutan unggulan EFK, yaitu Bergerak Sebar Manfaat (BERSAMA) untuk Indonesia yang berfokus pada bidang pendidikan. Melalui agenda ini, diharapkan dapat memberikan manfaat dan mampu mendorong potensi yang dimiliki siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru dalam mempersiapkan dirinya untuk menghadapi dunia kerja.

READ  PLN Icon Plus Tawarkan SPKLU di Pusat Perbelanjaan Pekanbaru

Pelaksanaan agenda ini merupakan salah satu langkah untuk mendukung pemberdayaan dan pengembangan sumber daya yang berkelanjutan. Melalui agenda ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah serta memperluas pengetahuan dalam mengembangkan potensi sumber daya yang bermutu dan berkelanjutan demi masa depan siswa SMK Negeri 5 Pekanbaru.

“Semoga melalui agenda sharing ini tentunya dapat bermanfaat dan memberi insight baru bagi para siswa dan komite di SMK Negeri 5 Pekanbaru dalam mempersiapkan diri para pelajarnya untuk menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja saat ini.” tutup Aswin.***

banner 325x300