banner 728x250

Lantik Pengurus LAM Merangin, Ini Pesan HBA Sebagai Datuk Tumenggung Putro Joyo Dininggrat

banner 120x600
banner 468x60

Jambi (Sumateradaily.com)- Sebagai wilayah yang masih memegang adat, Povinsi Jambi terus meng-optimalkan keberadaan Lembaga Adat Melayu (LAM) hingga ke tingkat Kabupaten hingga pedesaan se-Provinsi Jambi.

Seperti hari ini Senin 09 Oktober 2023, Ketua LAM Provinsi Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) melantik secara resmi Para pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kabupaten Merangin masa bhakti 2023-2028, di Balai Adat Kabupaten Merangin.

banner 325x300

Mereka yang dilantik, sebagai Ketua umum LAM Jambi Kabupaten Merangin Azra’i Husin menggantikan H Abdullah Gemuk yang habis masa tugasnya, Sekretaris Umum H Ladani dan Bendahara Umum Maryam Alfarina, juga para pengurus bidang dan seksi.

Ketua LAM Provinsi Jambi H Hasan Basri Agus yang bergelar Tumenggung Putro Joyo Diningrat, memberi pesan bahwa mereka yang dilantik menjadi pengurus LAM Jambi Kabupaaten Merangin adalah orang-orang yang bisa mengayomi dan menjadi tauladan.

‘’Kalau bisa memang pengurus adat itu tindakan dan tingkahku nya sebagai orang adat, sopan dan santun harus orang yang pandai-pandai mengayomi anak buah dan ponakan,’’pesan Datuk Tumenggung Putro Joyo Dininggrat yang arab disapa HBA ini.

Apalagi jelas HBA, LAM Jambi sekarang ini sudah banyak mengalami kemajuan-kemajuan yang dibuat.

‘’Kita telah menetapkan hari adat Provinsi Jambi setiap tanggal 01 Muharam, wajib kabupaten/kota memperingatinya,’’jelas HBA.

READ  Gubernur Jambi H Al Haris Fasilitasi Pemko dan Pemkab Tandatangani MoU TPA dan SPAM Regional

Sudah lebih dari 100 tahun lalu terang HBA, pencetus adat Jambi yaitu Orang Kayo Hitam telah mencanangkan Adat Bersendi Sarak, Sarak Bersendi Kitabullah. ‘’Jadi adat ini bukan kolang kaling,’’tegas tokoh Masyarakat Jambi ini.

Terpisah, Pj Bupati Merangin H Mukti mengatakan, diera globalisasi sekarang ini dengan berbagai pengaruh, LAM Jambi Kabupaten Merangin sebagai salah satu organisasi sosial mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan.

“Peran strategis tersebut, diantaranya adalah sumbang saran dalam mengisi pembangunan Kabupaten Merangin serta membantu terwujudnya kondisi harmonis di tengah masyarakat,’’ujar Pj Bupati.

LAM lanjut H Mukti, akan mampu mengawal nilai-nilai budaya, adat istiadat, etika gotong royong, tenggang rasa dan semangat kebersamaan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“LAM kita harapkan mampu berperan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan sebagaimana sloko adat kita, ke Mudik Serentak Satang ke Ilir Serengkuh Dayung,’’terang Pj Bupati Merangin.

Perkuat ketahanan ekonomi lanjut H Mukti, salah satunya pilar pengembangan wisata Unesco Global Geoprak (UGG) Merangin. Kearifan lokal, budaya senyum dan keramah – tamahan masyarakat Merangin kepada wisatawan luar nanti perlu dikembangkan.

Acara pelantikan berlangsung khidmat, dihadiri Gubernur Jambi diwakili Asisten 1 Setda Provinsi Jambi Arif Munandar, Pj Bupati Merangin H Mukti bersama Ketua TP PKK Merangin Hj Indria Mayesti Mukti, Ketua DPRD Merangin Herman Effendi.

READ  Pj Bupati Bekali Anak Putus Sekolah dengan Keterampilan Melalui Pelatihan Menjahit dan Mengelas di BLK Merangin

Juga hadir mantan bupati Merangin H Mashuri beserta istri dan mantan wabup Merangin Nilwan Yahya beserta istri, anggota DPR RI Handayani, para anggota DPRD Provinsi Jambi, pengurus LAM Provinsi Jambi, anggota DPRD Merangin beserta istri.
Selain itu juga hadir para Staf Ahli bupati Merangin, para Asisten Setda Merangin, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin, para Camat, para ketua LAM kecamatan dan Ketua MUI Kabupaten Merangin H Joni Musa.***

(Teguh/Edited : Hery FR)

 

banner 325x300