banner 728x250
TIPS  

Tips Jago Menulis Artikel Unik dan Menarik

Menulis Membuat Mental Sehat/foto: alodokter
banner 120x600
banner 468x60

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator”, itulah ungkapan sang proklamator Bung Karno.

Hanya saja untuk dapat menulis artikel unik dan menarik serta memberi manfaat butuh kemauan, rajin membaca dan juga ada beberapa tips yang dapat diikuti.

banner 325x300

Hobi menulis artikel juga dapat memberi manfaat dari sisi keuangan dan kesehatan mental.

Bahkan seorang psikolog bernama James Pennebaker pada era 80-an mengembangkan suatu metode penulisan expressive writing, di mana dalam metode penulisan ini, objek yang dituliskan adalah mengenai pikiran atau perasaan kita tentang topik tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada 8 tips agar jago menulis artikel unik dan menarik;

1. Ubah Sudut Pandang

Jangan terpaku pada metode brainstorming dan riset yang biasa digunakan oleh setiap penulis. Cobalah untuk melihat topik dari sudut yang berbeda. Gunakan kata kunci long-tail untuk menemukan aspek spesifik dari topik yang ingin Anda bahas.

2. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah sumber yang kaya untuk mendapatkan inspirasi. “Dengarkan” apa yang dibicarakan orang di halaman media sosial kompetitor, cari hashtag relevan, dan lihat apa yang menjadi perhatian mereka.

3. Kumpulkan Masukan dari Audiens

Melakukan survei langsung kepada audiens Anda bisa memberikan wawasan yang berharga. Kirim email atau buat polling di media sosial untuk mengetahui apa yang ingin diketahui atau dibahas oleh audiens Anda1.

4. Jadikan Topik Lama Menjadi Baru

Ambil artikel lama yang dianggap sebagai standar emas dan berikan sentuhan baru. Apakah ada perkembangan terbaru atau perspektif baru yang bisa Anda tambahkan?.

5. Bermain dengan Format

Jangan takut untuk bereksperimen dengan format artikel Anda. Apakah Anda bisa mengubahnya menjadi infografis, video, atau bahkan podcast?1.

6. Kolaborasi dengan AI

Gunakan kecerdasan buatan untuk membantu Anda dalam proses brainstorming dan menciptakan kombinasi ide-ide baru.

7. Intip Kompetisi dan Berikan Lebih

Lihat apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda dan coba untuk memberikan sesuatu yang lebih. Apakah ada sudut yang belum mereka jelajahi?

8. Ambil Belokan Total

Terkadang, ide yang paling unik datang dari tempat yang tidak terduga. Jangan takut untuk mengambil risiko dan mengeksplorasi topik yang sepenuhnya berbeda dari biasanya.

Ok sahabat sumateradaily.com, itulah 8 tips agar dapat menjadi penulis artikel yang produktif dan memberi manfaat.

Ingat pepatah lama mengatakan “ala bisa karena biasa”.***

berbagai sumber/AI/Prameswari

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *