banner 728x250

Menuju Rakernas PRIMA DMI: “Memperluas Jaringan dan Kemitraan Organisasi”

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta, Sumateradaily.com– Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) terus berikhtiar sungguh-sungguh untuk melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PRIMA DMI.

Kegiatan tersebut, insya Allah akan dilaksanakan pada Jumat hingga Ahad 5 sampai 7 Juli 2024 di Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

banner 325x300

Rakernas PRIMA DMI ini mengangkat tema: “Eksistensi PRIMA DMI Dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid.”

Tema ini sejalan dengan moto DMI, yakni: Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid, di bawah kepemimpinan H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PP DMI.

Tema Rakernas PRIMA DMI juga seiring dengan firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT) dalam kitab suci Al-Qur’an, Surat At-Taubah Ayat 18:

اِنَّمَا يَعْمُرُ مَسٰجِدَ اللّٰهِ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَ وَلَمْ يَخْشَ اِلَّا اللّٰهَۗ فَعَسٰٓى اُولٰۤىِٕكَ اَنْ يَّكُوْنُوْا مِنَ الْمُهْتَدِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya yang (pantas) memakmurkan masjid-masjid Allah hanyalah orang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, mendirikan salat, menunaikan zakat, serta tidak takut (kepada siapa pun) selain Allah. Mereka itulah yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Kegiatan Rakernas PRIMA DMI pun menjadi momentum istimewa bagi PRIMA DMI untuk melakukan konsolidasi, menguatkan eksistensi dan memantapkan soliditas organisasi secara nasional, memasuki usia sembilan tahun PRIMA DMI pada Senin, 27 Mei 2024.

Di bawah kepemimpinan Munawar Khalil selaku Ketua Umum, PP PRIMA DMI terus bergerak aktif dalam menggali potensi dan meningkatkan sumber daya remaja masjid di seluruh Indonesia, sembari memantapkan konsolidasi dan soliditas organisasi.

Hal ini terlihat jelas dari langkah taktis dan srategis PP PRIMA DMI saat bersilaturahmi dan beraudiensi dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., pada Senin (3/6/24) di Masjid Istiqlal, Jakarta.

PP PRIMA DMI pun bersilaturahmi dengan Sekjen PP DMI, Dr. H. Rahmat Hidayat, S.E., M.T., pada Jumat (31/5/24) sore di Gedung DMI Pusat, Jakarta, guna memperkuat ikatan silaturahmi dengan organisasi induknya, yakni DMI.

Lebih lanjut, dalam rangka memperluas jaringan kemitraan dengan berbagai lembaga dan organisasi, maka PP PRIMA DMI telah berkunjung dan bersilaturahmi dengan Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A., pada Selasa (26/6/24) siang di Kantor Staf Presiden (KSP) RI di Jakarta.

Dalam pertemuan ini, Kepala Staf Kepresidenan RI didampingi oleh Tenaga Ahli Utama KSP, Prof. Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A., dan dua staf KSP lainnya. Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A., pun menyambut baik dan mendukung penuh pelaksanaan Rakernas PRIMA DMI.

“Kami menyambut positif dan mendukung penuh pelaksanaan Rakernas PRIMA DMI. Selamat bekerja dan beraktivitas untuk menjalankan program-program berbasis kemasjidan dan keummatan,” tutur Jenderal TNI. (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A.

Kantor Staf Presiden (KSP) RI, lanjutnya, menyambut baik kehadiran PP PRIMA DMI untuk melakukan audiensi dengan KSP RI. “Kami juga akan berkoordinasi dengan sejumlah lembaga, kementerian dan instansi pemerintah yang terkait dengan pengembangan dan pembinaan remaja masjid,” ujarnya.

“KSP akan selalu terbuka untuk diajak berdiskusi dalam hal membangun dan membina generasi muda, generasi masa depan bangsa Indonesia, termasuk PRIMA DMI. Kami juga akan meyampaikan beberapa program pemerintah yang terkait dengan remaja masjid,” ucap Kepala Staf Kepresidenan RI.

Menanggapi pernyataan KSP RI, Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Kepresidenan RI, Jenderal TNI. (Purn.) Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A., yang telah berkenan menerima permohonan audiensi dari PRIMA DMI. Ia juga menyampaikan tiga program besar PRIMA DMI kepada KSP.

“Saat ini, PRIMA DMI memiliki tiga agenda besar dalam program-programnya, yakni: Pertama, Rekonstruksi kepengurusan PRIMA DMI, mulai tingkat pusat hingga ranting, di seluruh Indonesia; Kedua, Pengkaderan remaja masjid PRIMA DMI; dan Ketiga, Entrepreneurship atau Kewirausahaan,” ungkap Munawar Khalil pada Selasa (26/06/24).

Sebagai Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil pun mengungkapkan rasa syukurnya ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala (SWT), atas perkembangan dan pertumbuhan PRIMA DMI selama sembilan tahun terakhir.

“Alhamdulillah, hingga kini PRIMA DMI telah terbentuk di 31 provinsi, serta ada di 150 kabupaten dan kota di seluruh wilayah Indonesia. PRIMA DMI berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan dan pengkaderan terhadap remaja masjid di seluruh Indonesia, termasuk mengembangkan sejumlah keahlian, skill-skill khusus bagi mereka,” jelasnya.

Kemampuan dan keahlian khusus itu, lanjutnya, meliputi pembinaan dan pendidikan bagi para dai, khatib, imam dan marbot masjid dari kalangan generasi muda, termasuk Gen Z. “Keahlian manajemen masjid juga sedang kami rintis programya di PRIMA DMI, bekerja sama dengan para pengurus masjid,” imbuh Munawar Khalil.

Dalam pertemuan ini, selaku Ketua Umum PP PRIMA DMI, Munawar Khalil didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP PRIMA DMI, Afandi Ismail Hasan, Wakil Bendahara Umum PP PRIMA DMI, Dipasaguna, Direktur Brigade Masjid PP PRIMA DMI, Masrur Mustopa, dan Direktur Literasi Digital Remaja Masjid PP PRIMA DMI, Indra Syahfirman.

Hadir juga Bendahara Umum PP PRIMA, Izzuddin Fathurrahman, Direktur Pemberdayaan Muslimah dan Majelis Taklim PP PRIMA DMI, Anisa Nurhakim, fan Direktur Pemberdayaan Muslimah dan Majelis Taklim PP PRIMA DMI, Diana Putri.***

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Direktur Bidang Media, Komunikasi dan Informasi PP PRIMA DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *