banner 728x250

Komitmen Nyata Pertamina Dalam Upaya Pelestarian Alam dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Lebah Madu Trigona

banner 120x600
banner 468x60

Palembang, Sumateradaily.com- Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Baturaja terus menunjukkan komitmen berkelanjutan dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Salah satu inisiatif terbaru adalah pengembangan Budidaya Lebah Madu Trigona oleh Kelompok Bee Farm Bunga Tanjung di Desa Tanjung Dalam, Baturaja.

banner 325x300

Program ini bertujuan melestarikan keanekaragaman hayati, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan.

Budidaya Lebah Madu Trigona dipilih karena memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya kemampuannya menghasilkan madu berkualitas tinggi, sifatnya yang tidak menyengat, serta perannya yang vital dalam penyerbukan tanaman.

Melalui program ini, Pertamina bersama Kelompok Bee Farm Bunga Tanjung berkomitmen mengembangkan Budidaya Lebah Madu Trigona sebagai salah satu oleh-oleh khas Baturaja yang bernilai tinggi.

Ketua Kelompok Bee Farm Bunga Tanjung, Sartono, mengapresiasi dukungan Pertamina yang telah menyediakan sarana dan prasarana senilai Rp 50 juta, diantaranta kotak sarang, alat pengolah madu, dan bibit tanaman ramah lebah.

Dukungan ini memungkinkan masyarakat untuk mandiri dalam mengembangkan Budidaya Lebah Madu Trigona, sekaligus meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan Pertamina dalam Program Budidaya Lebah Madu Trigona. Selain mendapatkan pengetahuan baru, kami juga memiliki peluang untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Lebah Madu Trigona yang kami hasilkan memiliki potensi pasar yang luas,” ungkap Sartono.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan program ini diharapkan dapat menjadi model kemitraan antara perusahaan dan masyarakat dalam mengembangkan usaha berkelanjutan yang berdampak positif pada ekonomi lokal dan pelestarian lingkungan.

“Program Budidaya Lebah Madu Trigona ini merupakan wujud nyata kepedulian Pertamina terhadap lingkungan dan masyarakat. Diharapkan program ini dapat menjadi teladan bagi perusahaan lain dalam berkontribusi terhadap pelestarian alam,” kata Nikho.

Melalui Program Budidaya Lebah Madu Trigona, Pertamina berperan sebagai katalisator perekonomian masyarakat, serta mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs) Tujuan Nomor 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi dan Tujuan Nomor 15 Ekosistem Daratan.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *