banner 728x250

Pangdam II/Sriwijaya Cek Kesiapan Satgas Karhutla Korem 042/Gapu

banner 120x600
banner 468x60

Jambi (Sumateradaily.com) – Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Yanuar Adil melaksanakan kunjungan ke Provinsi Jambi, Rabu (06/09/2023).

Kunjungan Pangdam II/Swj untuk yang pertama kalinya ke Provinsi Jambi ini bertujuan dalam rangka mengecek kesiapan Satgas Penanganan Karhutla Korem 042/Gapu.

banner 325x300

Setibanya di Bandara Sultan Thaha Jambi, Pangdam II/Sriwijaya di sambut Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., beserta Forkopimda Provinsi dan Kota Jambi dengan acara adat tarian sekapur siri dan pengalungan Sal Batik khas Jambi.

Danrem 042Gapu setelah menjemput, langsung bersama Pangdam II/Sriwijaya menuju Makorem 042/Gapu, tempat pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Evaluasi Penanganan Karhutla di wilayah Sumbagsel Tahun 2023.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Apel atas kesiapannya dalam geladi Gelar Pasukan hari ini.

“Saya mengapresiasi, cukup bangga dan senang, laporan-laporan dari Plh. Dansatgas Provinsi Jambi bahwa, Tim yang tergabung dalam Satgas Karhutla, semua terlibat dan semua bekerja dengan baik dalam penanganan Karhutla di Jambi”, ujar Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Danrem selaku Plh Dansatgas Karhutla Jambi, memaparkan kesiapan Satgas Karhutla di Posko Karhutla Korem 042/Gapu kepada Pangdam II/Sriwijaya terkait upaya penanganan Karhutla di Jambi.

Danrem menjelaskan bahwa, “ada 3 Strategi Satgas yang kami lakukan dalam penanganan Karhutla di Jambi, yang pertama Sinergitas, yaitu keterlibatan semua pihak berkolaborasi untuk penanganan Karhutla di Provinsi Jambi (Multihelix), semangat dan tekad yang kuat untuk bersatu padu karena Api musuh bersama,” ucapnya

“Selanjutnya, yang kedua Respon Cepat. Yaitu melaksanakan Apel kesiapsiagaan, membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) dan membangun Pos-pos pemantau Karhutla,” ujarnya

“Dan yang ketiga adalah Solusi Permanen, yaitu menghilangkan niat untuk membakar dengan terus melakukan sosialisasi, memberi edukasi dan penegakan hukum serta dengan menciptakan obyek/lahan tidak mudah terbakar dengan menyekat Kanal, menjaga stok ketersediaan air dengan membuat embung-embung air dan Intake Water,” papar Danrem.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut antara lain, Danpusintelad, Asintel Kasdam II/Sriwijaya, Asops Kasdam II/Sriwijaya, Kasrem 042/Gapu, para pejabat Korem 042/Gapu, Para Dandim serta para Dan/Sat Balak Aju Korem.

Sumber : Pendam II/Sriwijaya

banner 325x300