banner 728x250

Asah Daya Kritis, Faperta Unja Gelar Lomba Debat Mahasiswa

Asah Daya Kritis, Faperta Unja Gelar Lomba Debat Mahasiswa
banner 120x600
banner 468x60

Mendalo, Sumateradaily.com- Fakultas Pertanian (Faperta) UNJA menyelenggarakan “English Debate dan Lomba Debat Bahasa Indonesia”.

Untuk diketahui, acara ini merupakan bagian dari event tahunan oleh Pusat Prestasi Nasional, DirektoratJenderalPembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset danTeknologi (Kemendikbudristek), yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari Fakultas, Universitas, LLDIKTI hingga Tingkat Nasional, dengan nama program National University Debating Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI).

banner 325x300

Dikemas dengan mosi(tema debat) yang menantang, antusias para peserta sangat tinggi. Seluruh peserta diberi pilihan mosi dan diberi waktu 15 menit untuk mencari sumber materi sebelum melanjutkan kesesi puncak, dimana masing-masing peserta mendapatkan waktu 7 menit untuk menyampaikan pendapat dan argumennya secara tajam.

Kompetisi ini menjadia jang bergengsi bagi para mahasiswa untuk mengasah kemampuan, pemahaman dan daya kritis terhadap isu kontemporer, serta menciptakan atmosfer intelektual di lingkungan kampus.

Nuraini,Ketua Ormawa Agriculture English Club (AEC) sekaligus Koordinator panitia, melaporkan, kegiatan diikuti oleh 28 peserta (English Debate sebanyak 11 orang, dan KDMI sebanyak 17 orang) yang merupakan perwakilan dari setiap program studifakultas pertanian UNJA, yaituKehutanan, agroekoteknologi, agribisnis, teknologi hasil pertanian, teknologi industri pertanian, dan teknik pertanian.

Pada pelaksanaannya mereka diberikan kesempatan menjadi tim pro dan juga kontra, sehingga dewan juri dapat melihat kemampuan mereka dalam memberikan argumen baik saat menjadi tim pro maupun kontra.

Pada kompetisi NUDC dimenangkan oleh Saihou Sassiho sebagaijuarapertama dan Haura Hazimah H sebagaijuara kedua.

Dan pada lomba KDMI dimenangkan oleh Muhamar khadafi sebagai juara pertama dan Putri Deli sebagai juara kedua.

Wakil Dekan BidangKemahasiswaan dan Alumnni Faperta UNJA, Dr. Fuad Muchlis, M.Si,menyebutkan tujuan dari kegiatan ini adalah melatih mahasiswa untuk berpikir kritis, responsif dalamm enanggapi masalah, dan memiliki strategi berdebat yang mumpuni.

Ajang lombadebat juga menjadi ruang bagi mahasiswa untuk melatih kemampuan public speaking mahasiswa dalam mengemukakan pendapat dan beradu argumen terhadap isu dan permasalahan yang diberikan.

Selain itu, event ini juga menjadi wadah melakukan seleksi di Tingkat fakultas, untuk mengikuti event NUDC dan KDMI di level Universitas Jambi.

Kami terus memotivasi dan mendorong mahasiswa untuk berkompetisi tidakhanya di level fakultas, atau universitas, tetapi juga di event Nasional hingga Internasional, , untuk meningkatkan prestasi para mahasiswa, “pungkas Fuad.

Acara ini dihelatpada tanggal 6 hingga 7 Februari 2024 di Ruang Senat Faperta. ***

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *