banner 728x250
PROFIL  

Zulvi Purnawati, Sosok “Kartini” Kota Sabang

Zulvi Purnawati, Sosok "Kartini" Kota Sabang
banner 120x600
banner 468x60

HUMBLE, Cekatan dan kaya gagasan, itulah potret wanita yang kini menjabat kepala biro Indonesiadaily.co.id untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

Bergabungnya Zulvi ke media siber Indonesiadaily.co.id karena ada kesamaan visi untuk kebangkitan pariwisata indonesia sesua dengan tagline “Pesona Negeri”.

banner 325x300

Inilah mungkin sekilas sosok Zulvi Purnawati merupakan salah seorang wanita hebat yang pernah menjadi pemeran utama dalam kemajuan dan pengembangan pariwisata di Kota Sabang.

Sejak 2009 Zulvi mulai serius dalam pengembangan pariwisata Sabang, dengan menjabat sebagai ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Kota Sabang priode 2009/2014, yang diawali dari pelaku wisata/ Tour Guide.

Terhitung Januari 2013, hingga November 2017, Ibu dari dua anak yang lebih dikenal dengan sapaan Mami Epi ini, mulai menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, dengan berbagai torehan prestasi.

“Banyak perempuan hebat di Kota Sabang yang mampu membangun Kota ini. Cuma belum diberi kesempatan saja. Kalau bicara pariwisata, itu harus dari hati dan fikiran. Jadi kalau bicara pariwisata harus benar-benar mencintai wisata itu dulu. Sehingga, bisa membuat sesuatu itu lebih baik,” ujar Zulvi, Minggu 21 April 2024 kepada kantor berita rri.co.id.

Pada masa kepemimpinannya sebagai kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, di bawah intervensi kepala daerah saat itu Zulkifli H. Adam, Dia bersama pihak terkait pernah menoreh prestasi yang tak terlupakan, yaitu mampu melobi dua perusahaan penerbangan untuk membuka rute Medan – Sabang. Dari sini, Zulvi membuktikan bahwa wanita merupakan makhluk Tuhan yang kuat dan mampu menjadi sosok yang dapat diandalkan untuk kemajuan suatu daerah.

Menurut Zulvi, pengembangan pariwisata di Kota Sabang yang berkembang sangat pesat itu, tak terlepas dari dukungan awak media yang selalu mendukung tugas-tugas pemerintah, khususnya pada dinas yang pernah dipimpinnya itu.

Pada November 2017 hingga maret 2018, Zulvi juga pernah menjabat sebagai staf ahli Wali Kota Sabang, dan saat ini masih berstatus sebagai pegawai negeri di lingkungan pemerintah Kota Sabang.

Selain pernah menjabat sebagai kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Ketua ASPPI, Ketua Pemuda Pancasila dan Sekum Porlasi Aceh, saat ini Zulvi dipercayakan sebagai ketua Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) Kota Sabang, Wakil ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia ( IWAPI ) Kota Sabang, Ketua cabang Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Sabang, serta ketua bidang lomba Porlasi provinsi Aceh.

 

RRI/Spesial Hari Kartini

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *