banner 728x250
HANKAM  

Bangun Kerjasama Keamanan dan Perdamaian, Kasal Kunjungi AL Prancis

banner 120x600
banner 468x60

Paris (Sumateradaily.co.id – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Chief of French Navy Admiral Pierre Vandier bertempat di Hexagon Balard, Naval HQ, Paris, Perancis pada hari Jumat (23/06).

Pemimpin Angkatan Laut kedua negara ini mendiskusikan banyak hal terkait dengan peningkatan kerjasama kedepan terutama kerjasama dalam membangun stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

banner 325x300

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak juga sepakat untuk meningkatkan kapasitas kerjasama dalam bentuk latihan-latihan antar unsur di laut. Selain itu TNI AL dan French Navy juga sepakat tetap menjaga sikap saling mendukung peran dan fungsi masing-masing dalam interaksi kegiatan-kegiatan multinasional seperti Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Western Pacific Naval Symposium (WPNS)

READ  Jumat Berbagi Polda Jambi Bagikan Nasi Bungkus ke Warga

Pada rangkaian kegiatan kunjungan di Paris, Prancis, Kasal juga menghadiri event Paris Airshow, yang diikuti berbagai produsen alutsista, sensor dan senjata di dunia kedirgantaraan seperti MBDA, Leonardo, Airbus dan berbagai produsen besar lainnya.

Pada kegiatan tersebut, Kasal berkesempatan untuk melaksanakan pertemuan bilateral dengan Direction Generale De Le’armement (DGA). Pada pertemuan tersebut Kasal membahas kemungkinan-kemungkinan untuk meningkatkan kerjasama serta bertukar pengetahuan mengenai persenjataan antara industri pertahanan Prancis dan industri pertahanan Indonesia, terutama untuk mendukung pertahanan laut.

Kunjungan Kasal ke Prancis ini merupakan rangkaian kegiatan lawatan resminya ke luar negeri. Sebelumnya Kasal telah mengunjungi Turki untuk meningkatkan kerjasama antar Angkatan Laut serta berkesempatan mengunjungi industri pertahanan maritim Turki.

READ  Patroli Malam, Pangdam II/Swj Cek TPS dan Pasukan Pengamanan

Sumber : Dispen AL

banner 325x300