banner 728x250
HANKAM  

Danrem 042/Gapu Terima Kunjungan Kepala BNPB RI

banner 120x600
banner 468x60

JAMBI (Sumateradaily.com) – Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M. bersama sejumlah jajarannya menerima kunjungan dari Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. di Makorem 042/Gapu, Selasa (18/07/2023).

Pada kesempatan tersebut, Danrem selaku Plh. Dansatgas Karhutla memaparkan Kondisi Wilayah Provinsi Jambi, ancaman El nino, peta sebaran titik api dan juga potensi kerawanan yang akan timbul.

banner 325x300

Danrem juga menyampaikan Strategi Satgas dalam menangkal terjadinya bencana Karhutla yaitu dengan melaksanakan Sosialisasi, Inspeksi perlengkapan yang akan digunakan, latihan gabungan Kesiapsiagaan dengan stakeholder terkait, pembentukan 59 pos yang tersebar di wilayah rawan Karhutla, pembasahan lahan, patroli satgas udara, satgas darat dan satgas perairan serta sarana yang digunakan dalam penanganan Karhutla.

Diakhir Paparannya Danrem menyampaikan bahwa Sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan para pihak terkait dalam menghadapi bencana Karhutla sudah berjalan dengan sangat baik.

Pada rangkaian kunjungannya, Kepala BNPB RI dalam pengarahannya di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi menyampaikan bahwa prediksi dari BMKG Pusat terkait ancaman El Nino akan mengalami puncaknya pada bulan Agustus-September.

READ  Misi Kemanusiaan, Danlantamal V Lepas Keberangkatan KRI Teluk Banten - 516

“Diprediksi El Nino ini intensitasnya lemah hingga moderat sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada ketersediaan air atau kekeringan, juga produktivitas pangan, atau berdampak pada ketahanan pangan,” ujar Sumaryanto.

Lanjut Ka BNPB Pusat mengatakan bahwa ada 19 daerah yang terjadi Karhutla di tahun 2023, salah satunya termasuk Provinsi Jambi. Oleh karena itu, beliau mengharapkan agar penanganan Karhutla di Provinsi Jambi agar lebih diperhatikan lagi dengan baik, ketersediaan air agar dipantau setiap saat dengan mengisi embung-embung air yang tersedia.

“Prioritaskan MSC secara masif, basahi daerah-daerah gambut, antisipasi titik api jangan sampai bertambah dan meluas, lakukan penegakan hukum, serta pedomani arahan dari bapak Presiden tentang penanggulangan Karhutla,” ujarnya.

Diakhir pengarahannya Ka BNPB Pusat menekankan agar sumur hydrat yang sudah dibangun segera dapat beroperasi dengan baik dan maksimal, sehingga bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran tidak perlu lagi mencari sumber air untuk kegiatan pemadaman.

Sebelum mengakhiri Rakor diadakan foto bersama serta pemberian bantuan berupa pompa air, selang, nozel, Y konektor, perlengkapan APD dan fleksibel tank.

READ  Dandim 0416/Bute Laksanakan Buka Bersama dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim dan Ponpes Al-Fatah

Hadir pada rapat tersebut, Gubernur Jambi H. Al-Haris, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Para Bupati Se-Provinsi Jambi, para PJU Korem dan Polda Jambi, Kepala BPBD Prov Jambi, para Dandim jajaran Korem 042/Gapu serta para Kapolres jajaran Polda Jambi.

Sumber : Penrem 042/Gapu

banner 325x300