banner 728x250

Mengurangi Emisi Karbon, PEP Field Jambi Tanam 4 Ribu Pohon

banner 120x600
banner 468x60

Jambi (Sumateradaily.com) – PT Pertamina EP (PEP) Field Jambi Field yang merupakan bagian dari Pertamina Hulu Rokan (PHR) Regional Sumatera Zona 1 mendukung upaya penyerapan karbon atau pengurangan emisi dalam rangga memperingati Hari Pohon Sedunia dengan menggelar kegiatan seremonial penanaman empat ribuan pohon.

Kegiatan ini merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Llingkungan (TJSL) perusahaan dalam upaya pmelestarikan lingkungan.

banner 325x300

Penanaman ribuan pohon tersebut dilakukan di Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi.

Kegiatan penanaman pohon turut dihadiri SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan Kota Jambi serta 15 Sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA yang berada disekitardekat wilayah kerja Pertamina EP Field Jambi Field khususnya di Kota Jambi.

Sebagai bentuk komitmen Pertamina dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan alam sekitarnya dan merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan LingkunganTJSL, Pertamina Hulu Rokan Zona 1PEP Field Jambi Field tidak hanya berorientasi pada keuntungan semata tetapi juga tetap peduli terhadap aspek sosial dan lingkungan di wilayah operasional.

Sehingga melalui peran serta Pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam rangka memperingati “Hari Pohon Sedunia” bisa saling menjaga kelestarian alam dan memulihkan lingkungan kita kembali untuk keberlangsungan anak cucu kita di masa yang akan datang.

Pjs Manager Field Jambi Field, Henrie Pulinus Lapu, mengatakan bahwa kegiatan ini, bertepatan dengan momentum “Hari Pohon Sedunia ” yang jatuh pada tanggal 21 November 2023, Pertamina Hulu Rokan PEP Zona 1 Field Jambi Field melaksanakan kegiatan penanaman pohon sebanyak 4.000 batang pohon yang terdiri dari 2.400 pohon lindung jenis Jelutung, Bulian, Mahoni, Meranti dan 1.600 batang pohon matoa, dimana sebelumnya pada awal tahun 2023 Pertamina Hulu Rokan Zona 1PEP Field Jambi Field telah menanam 2.500 batang pohon dalam rangka kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Jambi dalam mendukung “Program penghijauan di Tahura Orang Kayo Hitam” dan total keseluruhan penanaman yang telah dilakukan Pertamina Hulu Rokan Zona 1PEP Field Jambi Field pada tahun 2023 adalah sebanyak 6.500 batang pohon.

READ  Pj Bupati Musnahkan 6.544 Surat Suara Rusak di KPU Merangin

“Selain untuk melestarikan lingkungan kegiatan penanaman 4.000 pohon diharapkan dapat membantu mengurangi emisi karbon, adapun yang akan kita tanam di Hutan Kota ini sebanyak 2.400 pohon lindung dan 50 pohon matoa, sisanya sudah kita distribusikan ke masing masing sekolah yang terlibat dalam kegiatan ini.”

“Kemudian harus kita lakukan juga penanaman pohon ini secara berkelanjutan sehingga bisa menjadi contoh untuk adik adik kita diari sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sehingga kegiatan ini juga menjadi bukti nyata kita dalam melestarikan lingkungan untuk masa depan,” ujar Hendrie.

Dalam sambutannya Staf Ahli Walikota Jambi Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Obliyani S.Sos, ME., menyampaikan bahwa “Ini adalah suatu kegiatan iniyang sangat membantu tata kehidupan di dunia ini, karena kita tau dengan adanya penanaman pohon dapat mengurangi global warming.

“Sebagai informasi Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi ini berdiri semenjak tahun 1995. Saya berterima kasih sekali kepada Pertamina EPPEP Field Jambi Field yang sudah empati dalam penghijauan di Kota Jambi, mudah-mudahan kota jambi dijauhkan dari banjir dan polusi udara,” Ujar Obliyani.

Kegiatan ini juga sejalan dengan program yang sudah diluncurkan oleh SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, yaitu program one two tress yang meruapakan bagian dari program besar penanaman industri hulu migas, SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Darwensi, menyampaikan bahwa p“Program penanaman pohon ini merupakan salah satu program ppm TJSL yang ada di indussutri hulu migas.

“Kita juga sudah melakukan penanaman pohon sebelumnya di beberapa titik di Kabupaten Tanjung Jabung Barat kemudian di Tahura Orang Kayo Hitam dan kemudian hari ini penanaman di Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi dalam rangka menyambut hari pohon sedunia, dengan kata lain kegiatan hulu migas juga memperhatikan hal hal terkait penurunan emisi karbon dan penghijauan di wilayah kerja serta lingkungan Kota, Kabupaten, Provinsi di wilayah kerja, semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat” Ujar Darwensi.

READ  PEMILU 2024: Pj Bupati Nyoblos di TPS 05 Pulau Kemang, Sekda dan Istri di Kota Jambi

Kegiatan Penanaman pohon merupakan aksi nyata Pertamina EPPEP Field Jambi Field dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dan telah mendukung pencapaian dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs yakni tujuan 13 penanganan perubahan iklim dan tujuan 15 ekosistem daratan.

Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli pada kelestarian lingkungan hidup yang akan memberikan keuntungan seacara ekonomi, kesehatan, dan kualitas hidup masyarakat.
Regional 1 – Sumatera

Kegiatan penanaman pohon pada 20 November 2023 tersebut, turut dihadiri SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Dinas Pendidikan Kota Jambi serta 15 Sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA yang berada disekitardekat wilayah kerja Pertamina EP Field Jambi Field khususnya di Kota Jambi.***

banner 325x300