banner 728x250

Pj Wako Lubuklinggau : Perempuan Memiliki Hak Asasi dan Integral dengan HAM

banner 120x600
banner 468x60

LUBUKLINGGAU- Sumateradaily -Pejabat (Pj) Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa menghadiri acara puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95 tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2023 di Gedung Kesenian Sebiduk Semare, Jumat (08/12/23).

Dalam sambutannya, Pj Wako mengatakan Hari Ibu adalah momentum kebangkitan perempuan Indonesia dan merupakan persatuan dan kesatuan kaum perempuan yang tak terpisahkan dari kebangkitan serta perjuangan bangsa.

banner 325x300

Kaum perempuan Indonesia tak hanya menjadi pengguna hasil pembangunan namun juga ikut berperan di segenap aspek pembangunan nasional maupun daerah.

“PHI ke-95 tahun ini mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Selain tema utama tersebut, ada juga empat subtema yakni perempuan bersuara, perempuan berdaya dan berkarya, perempuan peduli serta perempuan dan revolusi. Keempat subtema ini diambil untuk membingkai semangat gerakan perempuan melalui serangkaian kegiatan PHI tahun 2023,” ujarnya.

Selain itu, perempuan mempunyai posisi lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian besar waktunya untuk keluarga, anak, suami dan orang tua.

Oleh karena itu, kebutuhan spesifik kaum perempuan akan lebih terdukung apabila perempuan memperoleh akses untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

READ  PEP Prabumulih Field Catatkan Peningkatan Produksi Migas Melalui Sumur GNK-099

“Perempuan memiliki hak asasi yang sama dan integral dengan HAM. Oleh karena itu, perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai ibu bangsa yang berhasil membina keluarga harmonis dan sejahtera,” tandasnya.

Hakikat PHI yang diperingati setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dipisahkan dari sejarah perjuangan kaum perempuan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Seorang ibu sambungnya, bukan hanya berperan alakadarnya seperti melahirkan dan merawat hingga sang anak dewasa, melainkan melihat dan menjaga kembang tubuh anak agar terhindar dari hal negatif.

Pada kesempatan PHI ke-95 ini, atas nama Pemkot Lubuklinggau beserta seluruh jajaran Forkopimda, dirinya mengucapkan dirgahayu, selamat Hari Ibu, semoga dengan Perempuan Berdaya, Indonesia Maju ini ke depan kaum-kaum ibu dapat mendidik dengan baik sehingga melahirkan generasi Indonesa Emas tahun 2045.

READ  PLN Icon Plus Membangun Jaringan Internet di Kamang Magek, Sumbar

Acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada Wanita Inspiratif Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana sebagai ‘The Local Genius of Lubuklinggau Inisiator Batik Durian’, Hj Mardalena sebagai tokoh muda inovatif bidang pendidikan, Hj Nurul Salamah Yahya Nanie (sebagai tokoh senior organisasi dan pendidikan’.

Turut mendampingi Pj Wako, Pj Sekda, H Tamri, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD dan jajaran.(fiz)

banner 325x300