banner 728x250

Tujuh Ratusan Umat Tridharma Jambi Menjaga Tradisi Peringati HUT Dewa Sua Tua Ong

banner 120x600
banner 468x60

Jambi (Sumateradaily.com)- Menjaga tradisi leluhur melalui perayaan Ulang Tahun Dewa masih terus terjaga dan dilaksanakan umat tridharma hingga kini.

Upacara persembahyangan dan doa perayaan ulang tahun dewa diyakini umat tridharma sebagai tradisi yang dapat mendatangkan hoki alias keberuntungan.

banner 325x300

Seperti yang dilaksanakan umat tridharma Kota Jambi memperingati ulang tahun Dewa Sua Tua Ong (Khokun) di rumah ibadah Sua Ong Bio yang berada di kawasan Lorong Ambarawa Sunan Giri Kota Jambi.

Tak kurang dari tujuh ratusan umat tridharma Kota Jambi sejak Kamis pagi hingga Jumat dini hari, 28 Desember 2023 mendatangi rumah ibadah tersebut melakukan persembahan dan berdoa untuk bangsa negara serta keluarga masing-masing.

Panitia Pelaksana, Chandra L kepada sejumlah media mengatakan, sejak berdirinya rumah ibadah Sua Ong Bio, setiap tahun pihaknya melaksanakan perayaan ulang tahun Dewa Sua Tua Ong yang menjadi dewa utama di rumah ibadah yang dikelola istri tercintanya Ny Merry Chandra.

“Tiap tahun di bulan desember atau tepatnya dalam penanggalan china Cap It Gwe Cap Cit kita selalu merayakan HUT Dewa Sua Ong Tua bersama umat Tridharma Kota Jambi,”jelas Ayah dua anak ini.

Bahkan menurutnya umat yang berpartisipasi mengikuti perayaan terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun ini terbilang ramai karena tak kurang dari 700 an umat turut hadir bahkan dari luar Kota Jambi.”

READ  Pj Bupati Musnahkan 6.544 Surat Suara Rusak di KPU Merangin

Secara khusus Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak atas kesuksesan kegiatan perayaan ulang tahun dewa tahun ini yang turut dihadiri para tokoh masyarakat sekitar, forum RT hingga anggota DPRD Provinsi Jambi.

“Kami sangat berterima kasih atas ketertiban umat mengikuti rangkaian kegiatan serta dukungan semua pihak dari masyarakat sekitar,”ungkap Komisaris Asri Media Group ini.

Sementara itu, Pengurus Rumah Ibadah Sua Ong Bio, Ny Merry Chandra kepada jambidaily.com, menyampaikan bahwa peringatan ulang tahun dewa disetiap rumah ibadah yang ada merupakan tradisi turun temurun.

Melalui upacara persembahyangan dan berdoa pada perayaan ulang tahun dewa tersebut menjadi sarana bagi umat dapat berkonsultasi kepada roh sang dewa yang hadir melalui kithong, baik untuk urusan bisnis, pengobatan hingga hal-hal pribadi lainnya.

Menurutnya, Dewa Sua Tua Ong dikenal sebagai dewa gunung yang semasa hidupnya sering menolong masyarakat dalam bidang pengobatan.

“Dewa Sua Tua Ong dikenal sebagai dewa ahli pengobatan, makanya banyak umat tridharma yang berkonsultasi melalui khitong tentang kesehatan,”tuturnya disela-sela persiapan kegiatan perayaan.

Dia berharap melalui doa bersama umat tridharma Kota Jambi ini, Indonesia aman dan makmur, dan khususnya untuk Kota Jambi.

READ  Jelang Ramadhan 1445 H, Pj Bupati Merangin Sidak dan Cek Harga Sembako

“Kita juga berdoa untuk kemakmuran bangsa dan negara juga Kota Jambi khususnya,”pungkasnya.

Seperti biasanya, rangkaian perayaan Ulang Tahun Dewa dimulai dengan persembahyangan dan doa kepada Tuhan YME, dewa bumi dan langit kemudian persembahyangan khusus Dewa yang diperingati Ulang Tahunnya.

Juga dalam kegiatan tersebut disediakan persembahan dan jamuan dewa untuk umat makan bersama-sama.

Terpisah, Pengurus Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), Johan Kasim, mengapresiasi umat Tridharma yang menjaga peribadatan serta menjaga toleransi beragama.

Saat ini di Provinsi Jambi terdapat 14 klenteng yang dibawah naungan MATAKIN. Dan juga kita melakukan pembinaan terhadap rumah-rumah ibadah.

Dia berharap kedepan Indonesia makin maju dan makmur dan terkhusus lagi untuk Provisi Jambi ***

Editor: Hery FR

banner 325x300