banner 728x250

RADAR TANJAB Gelar Pelatihan Jurnalistik Media Digital untuk SMA dan SMK se-Kabupaten Tanjabtim

o

banner 120x600
banner 468x60

Muarasabak, Sumateradaily.com – Dalam rangka meningkatkan keterampilan kreatif generasi muda di era digital, RADAR TANJAB menggelar pelatihan jurnalistik media digital dengan tema “Membangun Keterampilan Kreatif di Era Digital, Desain, dan Jurnalistik untuk Generasi Muda”.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Tanjab Timur, H Romi Haryanto SE diwakili Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM, Drs H Ibnu Hayat diadakan selama dua hari, mulai tanggal 30 hingga 31 Juli 2024, bertempat di Gedung Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tanjab Timur dan diikuti oleh siswa-siswi SMA dan SMK se-Kabupaten Tanjab Timur, Selasa 30 Juli 2024.

banner 325x300

General Managaer/Pemimpin Redaksi RADAR TANJAB, Yasmin Simamora dalam laporannya menyampikan, pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk membekali peserta siswa dan siswi SMA dan SMK dengan kemampuan dasar dalam bidang jurnalistik dan desain menggunakan smartphone.

“Dengan berkembangnya teknologi, keterampilan jurnalistik dan desain grafis menjadi semakin penting. Kami berharap melalui pelatihan ini, para siswa dapat menjadi kreator konten yang kompeten dan mampu memanfaatkan teknologi digital secara positif,” ujar General Manager /Pemimpin Redaksi RADAR TANJAB Yasmin Simamora.

Disebutkan, kegiatan ini meliputi berbagai sesi pelatihan, mulai dari teknik penulisan berita, fotografi, hingga desain grafis dengan pemateri yang sudah pengalaman dan wartawan senior.

Disebutkan, peserta diajak untuk mempraktikkan langsung ilmu yang didapat dengan membuat konten digital.

Dalam sesi praktik, para siswa diajarkan cara mengambil foto yang menarik, menyusun artikel berita, dan mendesain konten visual menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone.

Pelatihan ini juga diisi oleh narasumber berpengalaman di bidang media dan desain, yang memberikan materi dan tips praktis kepada para peserta.

Mereka berbagi pengetahuan tentang teknik publikasi yang efektif, baik melalui media cetak maupun digital, serta cara memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi secara luas.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para siswa dapat mengembangkan keterampilan mereka di bidang jurnalistik dan desain, serta mampu menghasilkan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pelatihan ini juga diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital.

Diakhir sambutannya Yasmin Simamora juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Tanjab Timur, PTPN 4 Regional 4 Jambi, SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, TP PKK, MKKS SMA, MKKS SMK dan para pihak yang membantu kegiatan ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber Hery Farmansyah (Pengurus PWI Pusat) dan Letkol (purn) Firdaus mantan Kapenrem 042/Gapu yang juga Pimpinan sriwijayadayli.com.

Sementara itu, Wakil Ketua MKKS SMA Kabupaten Tanjab Timur, Evi Susanti SPd MPd dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kepala sekolah yang tergabung kedalam Musyawarah Kerjasama Kepala Sekolah SMA (MKKS) Kabupaten Tanjab Timur sangat mendukung acara pelatihan jurnalistik ini. Disebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kali diadakan RADAR TANJAB dengan dukungan dari MKKS SMA.

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan pelatihan ini. Dan berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan. “ucap Evi Susanti yang juga Kepala SMA 7 Tanjab Timur.

Hal senada juga disampaikan perwakilan narasumber Hery Farmansyah. Disebutkan Hery Farmansyah bahwa melalui kegiatan pelatihan jurnalistik ini diharapkan dengan pengetahuan yang didapat peserta dari siswa dan siswi SMA dan SMK ini mampu ditularkan kepada teman-temannya di sekolah.

Dengan adanya tulisan hasil karya jurnalistik ini bisa menulis perkembangan-perkembangan baik di sekolah khususnya maupun Kabupaten Tanjab Timur sehingga bisa dikenal masyarakat luas.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM Drs H Ibnu Hayat sebelum menyampaikan sambutan menyampaikan permohonan maaf bupati, wakil bupati dan Sekda karena kesibukan pada waktu bersamaan.

Ibnu Hayat menyebutkan, kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan generasi muda. “Dengan pelatihan seperti ini, saya berharap siswa-siswi kita tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga menjadi pencipta konten yang berkualitas dan bermakna,” ungkapnya.

Akhirnya, pelatihan jurnalistik media digital ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi generasi muda Tanjab Timur untuk mengembangkan diri dan berkontribusi positif dalam era digital yang semakin maju.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *