banner 728x250

Jaga Produksi Minyak Nasional, PHE ONWJ Perbarui Jaringan Pipa Bawah Laut

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta, Sumateradaily.com – Optimalkan kinerja produksi migas lepas pantai di perairan utara Jawa, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, siap lakukan penggantian pipa bawah laut di jalur krusial produksi.

Jalur tersebut menghubungkan tiga platform, yakni jalur pipa UYA-UA dan UA-UWJ di Uniform Area serta ESA-EPRO di Echo Area.

banner 325x300

Tiga jalur pipa yang membentang di bawah laut sepanjang 22,06 kilometer persegi ini ditargetkan rampung pada kuartal pertama tahun 2025.

Status pipa bawah laut di platform UYA-UA dan UA-UWJ yang telah beroperasi sejak 2007 diprioritaskan untuk diganti dengan pipa baru. Sementara jalur pipa di platform ESA-EPRO akan diaktivasi kembali.

Proyek penggantian pipa ini bertujuan mempertahankan angka produksi minyak sekaligus investasi dalam menjaga keunggulan fasilitas untuk mendukung pengembangan produksi di masa mendatang.

General Manager PHE ONWJ, Muzwir Wiratama, menyatakan bahwa proyek ini merupakan manifestasi dari komitmen jangka panjang Perusahaan dalam meningkatkan keandalan fasilitas produksi untuk mendukung pencapaian target migas nasional.

Jaringan pipa bawah laut yang baru ini berfungsi menjaga kelancaran produksi dan mengurangi potensi kehilangan produksi. Di sisi lain, melalui penggantian pipa bawah laut, PHE ONWJ berupaya meningkatkan kinerja keselamatan dan perlindungan lingkungan.

“Bagi kami, keandalan jaringan pipa bawah laut memegang peranan penting, ibarat nadi dalam darah manusia yang menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Melalui jalur pipa ini, hidrokarbon dialirkan ke stasiun pengumpul, hingga berakhir di kilang untuk diolah menjadi energi penggerak roda pembangunan negara,” kata Muzwir saat Kick Off Meeting project di Jakarta, Rabu (7/8/2024) lalu.

Proyek pemasangan pipa baru diharapkan bisa mempertahankan produksi minyak akumulasi hingga 3.233 barel minyak per hari (BOPD). Per Semester I tahun 2024, PHE ONWJ mencatatkan angka produksi minyak dan gas sebesar 37,42 juta barel setara minyak per hari (MBOEPD).

Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bergerak di bidang usaha hulu minyak dan gas bumi.

Regional Jawa bertugas mengkoordinir wilayah operasional di bawah pengelolaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas meliputi PHE ONWJ, PHE OSES dan Pertamina EP Jawa Barat.

Area Kerja Regional Jawa mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

Regional Jawa terus berupaya meningkatkan angka produksi minyak dan gas bumi yang telah ditetapkan dalam rencana Kerja, dengan senantiasa menerapkan Good Corporate Governance (GCG) dan aspek Health, Security, Safety and Environment (HSSE) di setiap lini.

Regional Jawa memegang teguh komitmen untuk menjaga prospek bisnis yang berkelanjutan dengan memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian lingkungan serta berkontribusi dalam terwujudnya kemandirian masyarakat.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *