banner 728x250

Pjs. Gubernur Sudirman: Hasil Penelitian Fapet Wujudkan Ketahanan dan Kemandirian Pangan

banner 120x600
banner 468x60

Jambi, Sumateradaily.com – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Dr. H. Sudirman, SH., MH mengemukakan bahwa Penelitian dan seminar hasil-hasil penelitian yang dilaksanakan oleh fakultas Peternakan (Fapet) ini selaras dengan salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi, untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan.

Hal ini dikemukakannya dalam Seminar Nasional VI Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Jambi, bertempat di Yello Hotel Jambi, Rabu (16/10/2024).

banner 325x300

“Saya kira menjadi harapan kita semua, agar penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Peternakan Universas Jambi ini implementatif, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta kesediaan ternak di Provinsi Jambi, termasuk turut menghadirkan solusi atas aneka permasalahan yang dihadapi peternakan dan peternak di Provinsi Jambi,” kata Pjs. Gubernur Sudirman.

Pjs. Gubernur Sudirman mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi pastinya sangat mendukung upaya pengembangan Dalam Visi peternakan. Pembangunan Provinsi Jambi, yaitu Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional di Bawah Ridho Allah SWT, salah satu prioritas pembangunan ialah Peningkatan dan Pengembangan Sektor Pertanian, Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan. Keberhasilan program pembangunan sangat ditunjang oleh kemajuan sains atau ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pembangunan peternakan juga sangat membutuhkan riset atau penelitian.

“Saya berharap agar Fakultas Peternakan Universitas Jambi terus meningkatkan riset/penelitian, baik riset yang dilaksanakan hanya oleh Universitas Jambi maupun riset yang dilaksanakan dengan memanfaatkan jejaring kerja sama Univeritas Jambi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Hasil-hasil penelitian diharapkan bisa menjadi masukan-masukan yang sangat penting bagi pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam pembangunan Subsektor Peternakan di Provinsi Jambi, dalam upaya kita bersama meningkatkan ketersediaan ternak, ketersediaan daging ternak, telur, dan susu yang sehat, yang kemudian berdampak positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan perekonomian masyarakat dan daerah, mengendalikan inflasi pangan, dan turut mendorong kemajuan daerah,” ujarnya.

Selain itu Pjs. Gubernur Sudirman juga mengatakan, Pembangunan Sektor Pertanian Subsektor Peternakan sangat penting, baik dalam pemenuhan pangan berupa daging, telur, dan susu, maupun untuk meningkatkan perekonomian serta membuka lapangan kerja.

“Selain itu, peternakan juga berkorelasi dengan kesehatan yakni upaya meningkatkan kesehatan masyarakat melalui asupan daging, telur, dan susu, yang mengandung protein dan nutrisi lainnya, yang sangat baik bagi Kesehatan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut Pjs. Gubernur Sudirman juga memberikan apresiasi kepada Universitas Jambi khususnya Fakultas Peternakan yang telah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada Rektor Universitas Jambi dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Jambi serta jajaran terkait yang telah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan pada kesempatan ini hasil-hasil penelitian tersebut diseminarkan. Hal ini merupakan wujud nyata Tri Darma Perguruan Tinggi, diantaranya riset atau penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” tutupnya.***

Diskominfo Provinsi Jambi/Waaly Arizona/Foto: Agus Supriyanto/Video: Ardi. S

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *