banner 728x250

Perkuat Komitmen Budaya Anti Korupsi, Elnusa Gelar Acara Hakordia 2023

banner 120x600
banner 468x60

Jakarta (Sumateradaily.com)– PT Elnusa Tbk (Elnusa) Perusahaan jasa energi terkemuka yang memberikan solusi total terus mewujudkan komitmennya dalam menanamkan nilai budaya antikorupsi kepada para pekerjanya dengan menggelar acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023.

Acara ini dilaksanakan  secara hybrid, langsung di Ruang Udaya, Graha Elnusa, Kamis 07 Desember 2023 dengan tema “Sinergi Berantas Korupsi Untuk Elnusa Maju”, yang diadopsi dari tema nasional Hakordia yang bertujuan meningkatkan kesadaran semua elemen untuk bersinergi berantas korupsi.

banner 325x300

Hakordia yang disahkan untuk diperingati setiap tanggal 9 Desember memiliki tiga dasar utama untuk menumbuhkan budaya antikorupsi, antara lain akuntabilitas, kompetensi, dan etika.

Agenda ini diselenggarakan guna menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi serta untuk meningkatkan integritas dan menginternalisasi nilai-nilai antikorupsi khususnya bagi Perwira Elnusa.

Hal ini tentu sejalan dengan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang secara efektif dapat memitigasi risiko korupsi dan meningkatkan keberlanjutan bisnis.

Hadir  Komisaris Utama Elnusa Agus Prabowo, Komisaris Independen Lusiaga Levi Susila, Komisaris Independen Hernawan Bekti Sasongko, Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora, Direktur Keuangan Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja, jajaran manajemen Elnusa, serta Direksi Anak Perusahaan dan Perwira Elnusa Group.

Dalam acara turut mengundang Kasatgas Keluarga & Dunia Usaha Berintegritas KPK-RI David Sepriwasa, yang memaparkan Sharing Session bertajuk “Pencegahan Korupsi Pelaku Dunia Usaha”, juga hadir Komika Ali Akbar yang menyampaikan pesan kepada Perwira untuk memegang teguh nilai integritas.

Direktur Utama Elnusa, John Hisar Simamora menyampaikan, untuk menegaskan komitmen Elnusa dalam mencegah dan memberantas korupsi, Elnusa telah melakukan beberapa langkah, di antaranya dengan membentuk tim Fungsi Kepatuhan, Anti Penyuapan, Etika dan GCG (FUKAPEG).

READ  Cegah Gangguan Mental, Remaja dan Pemuda Masjid Adakan Diskusi Urban Mental Health

“Selain itu, sebagai anak usaha Subholding Upstream Pertamina, Elnusa juga turut mendukung dan melawan perilaku korupsi di lingkungan Elnusa maupun Pertamina Group, dengan selalu meng-kampanyekan pentingnya untuk menjunjung tinggi tata nilai AKHLAK yaitu Amanah,” ucap John.

John juga melanjutkan, Elnusa juga telah menerapkan sertifikasi Sistem Management Anti Penyuapan atau (SMAP) ISO 37001 yang sudah diperbarui di bulan Agustus lalu.

Tak hanya itu, internal campaign melalui berbagai saluran komunikasi Perusahaan juga senantiasa dilakukan, demi berkontribusi dalam menciptakan lingkungan bisnis yang bebas dari korupsi, serta mendorong kemajuan dan integritas di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Elnusa, Agus Prabowo menyatakan korupsi terjadi karena ada dua perkara, yaitu niat korupsi dan kesempatan. “Marilah kita jadikan niat tidak ingin korupsi itu sesuatu yang keren serta menjadikan hari Hakordia ‘Sehakordia’ Setiap Hari adalah Hari Antikorupsi Sedunia.” Ajak Agus.

Melalui Hakordia 2023 ini, Perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen Perwira Elnusa Group guna mewujudkan lingkungan bisnis yang bersih dari korupsi, menuju Indonesia yang maju dan berintegritas.

Sekilas Elnusa (IDX: ELSA)

Elnusa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina. Sebagai satu-satunya Perusahaan jasa energy Nasional yang memberikan solusi total, Elnusa memiliki kompetensi inti pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa penunjang.

READ  HPN 2024: Menkop UMKM Dorong UMKM Perempuan Kembangkan Sektor Produktif

Lini jasa hulu migas meliputi jasa Geoscience & Reservoir (land, transition zone & marine serta data processing), jasa pengeboran & pemeliharaan lapangan migas (drilling & workover), jasa engineering, procurement, construction & operation maintenance (EPC-OM).

Lini jasa distribusi dan logistik energi meliputi jasa transportasi BBM, pengelolaan depot, hingga penjualan chemical. Lini jasa penunjang meliputi jasa marine support, fabrikasi, hingga manajemen data.

Saat ini, Elnusa melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, British Petroleum, Conoco Phillips, Soco Exploration (Vietnam) Ltd dan lain-lain.

Elnusa terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dengan kode emiten ‘ELSA’ serta memiliki lima anak perusahaan yang mendukung kompetensinya. Informasi lebih lanjut dapat diakses pada www.elnusa.co.id ***

banner 325x300