banner 728x250

Pertamina Tingkatkan Produktivitas Petani dengan Metode Pertanian Organik melalui Program Sinergi Semambu

banner 120x600
banner 468x60

Palembang, Sumateradaily.com – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Integrated Terminal (IT) Palembang, terus memperkuat komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk Sinergi Semambu.

Berkat kolaborasi dengan pemerintah desa, masyarakat, dan stakeholder terkait, Pertamina berperan aktif dalam mendorong penerapan praktik pertanian ramah lingkungan di Desa Pulau Semambu.

banner 325x300

Keberhasilan inisiatif ini juga didukung penuh oleh Pertamina melalui pelatihan, pembangunan infrastruktur, dan penyediaan energi baru terbarukan.

Hasil kolaborasi ini telah menghasilkan peningkatan kualitas tanah melalui penggunaan pupuk organik, berkurangnya ketergantungan pada pupuk kimia, efisiensi pengelolaan air, serta peningkatan produktivitas dan pendapatan petani.

Salah satu tokoh inspiratif, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Purnadi (55), berhasil mengajak petani di desanya untuk beralih ke praktik pertanian berkelanjutan.

Ia mengenalkan pemanfaatan limbah ternak dan limbah pertanian sebagai pupuk organik, serta mendorong efisiensi dalam pengelolaan air.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya, karena melalui program ini, kami bisa mempelajari cara-cara baru yang lebih baik dan ramah lingkungan. Semoga apa yang kami mulai ini bisa diteruskan oleh anak-anak muda untuk masa depan bumi yang lebih baik,” ujarnya.

Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menekankan, melalui program ini, Pertamina menunjukkan komitmen dengan memfasilitasi petani agar dapat mengadopsi praktik pertanian berkelanjutan yang meningkatkan produktivitas tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan

“Pertamina berkomitmen untuk terus mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan upaya menjaga lingkungan. Inisiatif ini selaras dengan beberapa nilai utama Sustainable Development Goals (SDGs), seperti tujuan 2 Tanpa Kelaparan, tujuan 6 Akses Air Bersih dan Sanitasi Layak, dan tujuan 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.” tegas Nikho.

Pertamina berkomitmen untuk terus mendampingi Desa Pulau Semambu dalam membangun ekosistem pertanian yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Melalui kolaborasi berkelanjutan, diharapkan dapat mewujudkan masa depan yang lebih sejahtera bagi masyarakat sekaligus memastikan keberlanjutan sumber daya alam, demi generasi mendatang.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *