banner 728x250
TIPS  

Inilah Empat Doa Yang Baik Diamalkan Hari Jumat

berdoa
Inilah Empat Doa Yang Baik Diamalkan Hari Jumat
banner 120x600
banner 468x60

Jambi, Sumateradaily.com- Hari Jumat bagi umat muslim dunia diyakini sebagai hari yang penuh berkah dan dimanfaatkan untuk memperbanyak ibadah.

Hari Jumat juga diyakini sebagai hari yang baik sebagai momentum memanjatkan doa kepada Allah SWT.

banner 325x300

Bahkan ada sebagian umat muslim mempersiapkan diri sejak Kamis sore hingga Jumat dengan amalan-amalan tertentu.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi Muhammad terkait kemulyaan hari Jumat sebagaimana diriwayatkan dalam hadist Al Baihaqi “Hari Jumat adalah ‘tuannya’ semua hari, dan hari yang paling agung. Di mata Allah, hari Jumat lebih agung dari Hari Idul Fitri dan Idul Adha.”

Sementara dalam hadist yang lain menyebutkan kemulyaan hari Jumat sebagai penghulu hari dalam seminggu adalah hari jumat.

“Penghulu hari (Sayyidul Ayyam) adalah hari Jumat, dan ia adalah seagung-agungnya hari bagi Allah, bahkan lebih agung bagi Allah daripada Hari Raya Fitri dan Adha. Dan pada hari Jumat itu terdapat lima kejadian, yaitu: Allah menciptakan Adam, Allah menurunkan Adam ke dunia, Allah mewafatkan Adam, hari Jumat adalah saat yang tidaklah seseorang memohon kepada Allah melainkan pasti dikabulkan selama ia tidak meminta barang yang haram, dan pada hari itu akan terjadi kiamat. Tidak ada malaikat yang dekat kepada Allah, langit, bumi, angin, gunung-gunung, lautan melainkan semuanya mencintai hari Jumat.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Dikutip dari laman detik.com, Keutamaan hari Jumat turut dikatakan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dalam Kitab Zadul Ma’ad fi Hadyi Khairil ‘Ibad.

Menurutnya, hari Jumat adalah tambahan hari bagi orang yang telah masuk surga dan sebagai hari raya bagi orang yang ada di dunia.

Salah satu amalan yang bisa dikerjakan umat Islam pada hari Jumat yang mulia ini adalah memanjatkan doa. Allah SWT berfirman dalam surah Gafir ayat 60,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ ٦٠

READ  Kiat Menulis: Bertutur tentang Sosok di Media Massa

Artinya: “Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Gafir: 60)

Mengutip buku dengan judul Agar Hidup Selalu Berkah karya Habib Syarief Muhammad Alaydrus, Inilah empat doa yang baik diamalkan pada hari Jumat ;

1. Doa Jumat Berkah untuk Sesama
Berikut ini merupakan doa yang bisa dipanjatkan agar diberikan keberkahan di hari Jumat untuk sesama.

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة

Arab latin: Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah

Artinya : “Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

2. Doa Jumat Berkah Agar Diberi Rezeki
Selanjutnya ialah doa agar diberikan keberkahan rezeki serta terhindar dari siksa kubur.

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab latin: Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adza bannar.

Artinya: “Ya Allah, berikan kami berkah pada rezeki yang telah Engkau berikan dan peliharalah kamu dari siksa neraka,”

3. Doa Agar Diberi Berkah dalam Musibah yang Dihadapi
Ada juga doa yang bisa dipanjatkan agar terhindar dari musibah dan diberkahi oleh Allah SWT.

بَارَكَ اللهُ لَكُماَ وَبَارَكَ عَلَيْكُماَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Arab latin: Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khairin.

Artinya: “Semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan,”

4. Doa Jumat Berkah Memohon Kebajikan dan Keselamatan Dunia dan Akhirat
Merangkum arsip detikHikmah, doa ini juga bisa dipanjatkan agar hari Jumat seorang muslim dipenuhi berkah.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

READ  Gen Z Perlu Tau, Inilah Tip Sukses Menduplikasi Kebiasaan Orang Sukses

Arab latin: Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa ‘an yamiinii wa ‘an syimaalii wa min fawqii wa a’udzu bi ‘azhomatik an ughtala min tahtii

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh).” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, Shahih Ibnu Majah)

Inilah empat doa yang baik diamalkan pada hari Jumat, semoga memberi keberkahan untuk diri kita, keluarga dan semua umat muslim lainnya.***

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *